Sabtu, 14 November 2015

Vertebrata

         Vertebrata adalah subfilum dari Chordata, mencakup semua hewan yang memiliki tulang belakang yang tersusun dari vertebra. Vertebrata adalah subfilum terbesar dari Chordata. Ke dalam vertebrata dapat dimasukkan semua jenis ikan (kecuali remang, belut jeung, "lintah laut", atau hagfish), amfibia, reptil, burung, serta hewan menyusui. Kecuali jenis-jenis ikan, vertebrata diketahui memiliki dua pasang tungkai.
Vertebrata memiliki sistem otot yang banyak terdiri dari pasangan massa, dan juga sistem saraf pusat yang biasanya terletak di dalam tulang belakang. Sistem respirasi menggunakan insang atau paru-paru. (menurut wikipedia)

Ciri-ciri Vertebrata dan contoh tiap kelompok

Vertebrata atau hewan bertulang punggung adalah organisme yang paling terorganisir di Bumi. Mereka milik subphylum Vertebrata. Mereka bukan kelompok hewan yang paling banyak, mereka adalah kelompok yang paling canggih dari hewan. Karakteristik yang membuat vertebrata khusus adalah kehadiran sumsum tulang belakang, tulang dan notokorda.
Vertebrata
Kebanyakan vertebrata memiliki sistem saraf yang berkembang dengan sangat baik. Vertebrata juga memiliki otot dan kerangka yang membantu mereka bergerak secara efisien dan performa gerakan yang kompleks.
Vertebrata mencakup sebagian besar Filum Chordata, memiliki sekitar 64.000 spesies yang telah teridentifikasi. Vertebrata membuat sekitar 4% dari semua species yang teridentifikasi.
Vertebrata memiliki sejarah panjang di bumi – lebih dari 500 juta tahun, dari era Cambrian. Vertebrata pertama telah dikatakan muncul sekitar periode Kambrium era Paleozoic sekitar 525 juta tahun yang lalu.

Pengertian Vertebrata

      Hewan bertulang belakang adalah hewan milik sub-filum Vertebrata. Mereka milik Filum Chordata. Ciri-ciri filum Chordata adalah adanya notokorda, sebuah saraf kabel dorsal berongga dan celah faring insang berpasangan. Para anggota subphylum Vertebrata memiliki notokorda selama periode embrionik. Notokorda diganti oleh kolom tulang belakang tulang rawan atau tulang pada orang dewasa. Semua vertebrata adalah chordata tetapi semua chordata bukan vertebrata. Karakteristik khusus vertebrata selain tulang belakang, mereka memiliki jantung yang berotot dengan dua, tiga atau empat bilik. Untuk ekskresi mereka memiliki ginjal dan pelengkap yang berpasangan yang mungkin sirip atau anggota badan.

Ciri-ciri Vertebrata

Karakteristik umum dari sub-filum Vertebrata adalah sebagai berikut:
• Vertebrata memiliki otak yang berkembang dengan baik.
• Otak diatur di dalam kotak tulang, dikenal sebagai tengkorak.
• Notokorda hadir di semua chordata selama beberapa waktu perkembangan, dibentuk pada sisi dorsal usus primitif dalam tahap embrio awal.
• Kebanyakan vertebrata memiliki usus dengan anus non-terminal.
• rongga Mulut dan esofagus dihubungkan oleh anus insang ke tabung faring berotot, yang membuka ke bagian luar.
• Mereka memiliki tabung rongga saraf dorsal di beberapa tahap kehidupan mereka.
• Memiliki punggung tulang rawan batang saraf yang dikenal sebagai Notokorda.
• Pada beberapa tahap kehidupan mereka memiliki celah insang di wilayah faring.
• sebagian Memiliki sistem peredaran darah terbuka.
• Memiliki dua pasang pelengkap.
• Endoskeleton yang terbuat dari tulang rawan atau tulang.
• Vertebrata pertama yakni ikan tanpa rahang dengan sirip ekor tunggal.
• Kemajuan vertebrata dengan rahang berengsel yang membuka pilihan makanan baru dan ikan berahang menjadi makhluk yang dominan di laut.
• Semua vertebrata memiliki jantung dan sistem peredaran darah tertutup.
• Reproduksi biasanya seksual.
• Memakan berbagai bahan organik.
• Hewan berkelamin tunggal, memiliki sepasang gonad.

Klasifikasi Vertebrata

Kelas – Cyclostomata
Para anggota yang tinggal di kelas ini adalah semua ektoparasit pada beberapa ikan. Mereka memiliki tubuh yang memanjang. Mereka menanggung 6-15 pasang insang yang digunakan untuk bernafas. Mulut Cyclostomata merupakan mulut penghisap melingkar tanpa rahang. Mereka tidak memiliki sisik tubuh dan sirip berpasangan. Kolom vertebral dan tempurung kepala adalah tulang rawan. Sirkulasi adalah tipe tertutup. Ini adalah organisme laut tetapi mereka bermigrasi ke air tawar untuk bertelur. Setelah metamorfosis larva kembali mereka ke laut.
Contoh: Petromyzon (Lamprey), dan Myxine (Hagfish).
Kelas – Chondrichthyes
Organisme laut ini memiliki tubuh yang telah ramping. Endoskeleton adalah tulang rawan. Mulut terletak bagian perut dan notokorda yang hadir sepanjang hidup. Insang terpisah dan tidak tercakup oleh operculum. Kulit mengandung sisik placoid kecil. Sisik placoid dimodifikasi sebagai gigi dan rahang yang kuat. Mereka adalah hewan predator. Air kandung kemih tidak ada pada hewan tersebut, oleh karena itu, mereka harus berenang terus-menerus untuk menghindari penyusutan.
Contoh: Scoliodon, Pristis, Trygon.
Scoliodon
Scoliodon

Kelas – Osteichthyes

Kelas ini termasuk hewan yang baik ikan air laut dan segar dengan tulang endoskeleton. Tubuh mereka ramping. Mulut dalam posisi ujung. Insang ditutupi dengan operkulum di setiap sisi dan berada dalam empat pasangan. Kulit ditutupi oleh sisir / sisik lingkaran. Air kandung kemih hadir, itu mengatur daya apung. Jantung dua bilik, dengan satu daun telinga dan satu ventrikel. Mereka adalah hewan poikilothermic. Jenis kelamin terpisah, fertilisasi terjadi secara eksternal. Kebanyakan dari mereka adalah hewan ovipar dan perkembangan langsung, tanpa tahap larva.
Contoh: Hipokampus, ikan lele.
kuda laut

Kelas – Amphibia

Nama Amphibia dari bahasa Yunani, yang berarti Amphi ganda dan bios yang berarti hidup. Amfibi dapat hidup baik di habitat air dan darat. Hewan ini memiliki dua pasang kaki. Tubuh dibagi ke kepala dan batang dan ekor hadir pada beberapa hewan. Kulit hewan-hewan ini tanpa sisik dan lembab. Mata memiliki kelopak mata, dan telinga yang diwakili oleh genderang. Kloaka adalah membuka ke luar, itu adalah ruang umum untuk saluran kencing dan saluran reproduksi. Insang, paru-paru dan kulit membantu dalam respirasi. Jantung dengan tiga bilik. Mereka adalah hewan berdarah dingin. Jenis kelamin terpisah, fertilisasi eksternal. Mereka adalah hewan ovipar dan perkembangan tidak langsung.
Contoh: kodok, katak, salamander.
katak

Kelas – Reptilia

Dalam bahasa Latin repere atau reptum berarti merayap atau merangkak, mengacu pada penggerak dengan merayap atau cara merangkak. Hewan ini sebagian besar terestrial dan tubuh mereka ditutupi kulit kering dan cornified, sisik epidermal atau sisik yang menebal. Telinga eksternal yang terbuka tidak ada, timpanum mewakili telinga. Tungkai, jika ada terdiri dari dua pasang. Biasanya jantung dengan tiga bilik, tetapi empat bilik pada buaya. Mereka adalah hewan poilkilothermic. Beberapa hewan seperti ular dan kadal berganti kulit mereka. Jenis kelamin terpisah, fertilisasi terjadi secara internal. Mereka bertelur dan perkembangan langsung.
Contoh: penyu, bunglon, buaya.
buaya

Kelas – Aves

Sebagian besar anggota kelas ini, kecuali burung flightless seperti penguins. Fitur karakteristik burung adalah adanya bulu. Lengan depan dimodifikasi sebagai sayap. Anggota tubuh bagian belakang yang dimodifikasi untuk berjalan, berenang atau menggenggam dan umumnya memiliki sisik. Kulit kering dan tidak memiliki kelenjar, kecuali kelenjar minyak pada pangkal ekor. Endoskeleton adalah tulang, dan tulang-tulang yang berongga dengan rongga udara yang dikenal sebagai tulang pneumatik. Jantung sepenuhnya dengan empat bilik. Mereka adalah hewan berdarah panas. Paru-paru adalah organ respirasi. Jenis kelamin terpisah, pembuahan internal. Mereka adalah hewan ovipar dan perkembangan langsung.
Contoh: Gagak, merpati, burung beo dll
burung

Kelas – Mamalia

Mamalia yang hadir di hampir semua habitat – es di kutub, gurun, gunung, hutan, dan padang rumput. Karakteristik unik dari kelas mamalia adalah adanya kelenjar yang memproduksi susu (kelenjar mamae), di mana anak yang masih muda dipelihara. Tangan dan kakinya dari dua pasang. Kulit ditutupi dengan rambut. Telinga bangian luar ‘pinna’ hadir. Jantung empat bilik dan mereka adalah hewan homeothermic. Respirasi adalah melalui paru-paru. Jenis kelamin terpisah dan pembuahan internal. Mereka vivipar hewan, dengan perkembangan langsung.
Contoh: Kanguru, Harimau, macan, Platypus dll
Vertebrata adalah kelompok yang sangat beragam hewan mulai dari ikan Hag sampai manusia. Vertebrata menarik karena kita akrab dengan mereka, atau spesies Homo sapiens termasuk dalam subphylum vertebrata. Vertebrata mudah di temukan karena kita hidup berdampingan dengan mereka dan sering menyadari kehadiran mereka di lingkungan kita.
Di bawah ini adalah daftar beberapa vertebrata yang umum dikenal: rusa, ikan, anjing, kucing, burung, ular, kadal, kanguru, beruang, rubah, serigala, kelelawar, monyet, elang, penguin dll

Contoh vertebrata

Di bawah ini adalah contoh dari vertebrata:
• Ikan: Hiu, trouts, belut, tuna, kuda laut, piranha, salmon, dll
• Amfibi: Salamander, katak, kodok, kadal air, caecilian, dll
• Reptil: Ular, kadal, kura-kura, penyu, buaya, dll
• Burung: Penguins, emu, elang, burung unta, burung beo, burung gagak, merpati, bebek, burung hantu, layang-layang, burung robin, burung pelatuk, elang dll
• Mamalia: Kanguru, moncong, platipus, kelelawar, tikus, harimau, lumba-lumba, paus, rusa, gorila, lemur, kelinci, serigala, singa, macan tutul, serigala, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar